Senin, 20 Desember 2021

CARA BUAT TABEL DI MICROSOFT EXCEL


perangkat lunak atau software seperti Microsoft Excel punya peranan penting dalam membantu pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan perhitungan, pengolahan data numerik atau angka. Perangkat lunak ini memiliki sejumlah fitur pendukung untuk menyelesaikan semua tugas-tugas tersebut, salah satunya tabel.

Secara umum, definisi Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka. Meski begitu, fungsi aplikasi ini tidak hanya sebatas itu saja. Excel dapat digunakan sebagai alat mengedit, membuat, meringkas, hingga menganalisa sebuah data.

Microsoft Excel juga memiliki keterkaitan dengan statistika ataupun sistem perhitungan aritmatika, sehingga tidak heran software tersebut dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan tentang hal-hal itu. Aplikasi Microsoft Excel hampir digunakan dalam semua lini bidang pekerjaan. Perangkat tersebut sangat membantu untuk menyelesaikan urusan laporan keuangan, menghitung jumlah untung dan rugi, serta penggunaan lainnya.

 Dibandingkan aplikasi sejenis lainnya, Excel masih menjadi pilihan utama para akuntan. Microsoft Excel memiliki kelebihan yang tidak dimiliki perangkat lunak lain. Misalnya, sistem formula yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah. Kemudian, Microsoft Excel juga mendukung segala format dokumen yang dikerjakan atau dibuat di semua aplikasi Microsoft Office. 

Kelebihan lainnya, saat ini aplikasi tersebut sudah bisa digunakan hampir di semua perangkat. Tidak terkecuali ponsel pintar Anda. Dilansir dari situs resminya Microsoft.com, aplikasi ini telah dirancang sedemikian rupa dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern

Cara membuat tabel di Excel tergolong mudah, contohnya menggunakan menu insert table. Tabel pada aplikasi ini mampu membuat tampilan data terlihat lebih rapi.Berikut merupakan pembahasan terkait langkah-langkah membuat tabel di Excel yang mudah dan sederhana.


Cara Membuat Tabel di Excel
  1. Untuk membuat tabel Excel menggunakan insert table, langkah pertama Anda perlu menyiapkan sel atau rentang data yang hendak dimuat ke dalam tabel.
  2. Pilih menu pada tab insert, dan klik menu Table.
  3. Kemudian, saat Option Box muncul Anda bisa klik pilihan Create Table.

4. Jika rentang data sudah sesuai, Anda bisa langsung mengatur tabel di menu          My Table.

5.  Langkah terakhir, klik OK. Tunggu beberapa saat, dan sebuah tabel akan muncul pada lembar dokumen Microsoft Excel milik Anda. 

6. Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard “Ctrl + L” atau “Ctrl + T” untuk membuat tabel di Excel.

 7. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya






4 komentar:

 PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN            Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan Media atau aplikasi yang dibuat secara canggih dan...